You are here: Home » PRINTER DTG » Tips Pemakaian Printer DTG

Tips Pemakaian Printer DTG

June 22, 2014 |

Tips Pemakaian Printer DTG

Berikut adalah tips pemakaian Printer DTG dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi:
1. Hasil Print Tidak Presisi:
Hasil Print tidak presisi masalah bukan karena software acrorip biasanya karena masalah tehnis tehnis printer DTG.

2. Hasil cetak tinta putih kurang bagus alias kurang terang:
•    Kasus seperti ini bias karena nozzle head tersumbat/kurang lancar, caranya lakukan head cleaning max 2x. Jika hasil tetap kurang max saya sarankan contact teknisi DTG.
•    sebab lain karena pemakaian pretreatment yang tidak merata. Solusinya: semprot kain dengan air terlebih dahulu kemudian ratakan dengan kuas lalu semprot pretreatment dan ratakan juga dengan kuas. Pastikan pretreatment benar-benar rata dan lakukan heat press selama 30s dengan suhu 165c
•    Kasus terakhir biasa dari kualitas tinta putih yang kurang bagus. Tinta dtg yang saya tau ada tinta dtg dupont hasil PUTIH PEKAT baik untuk kaos hitam, dan tinta Japan atau tinta fuji: hasil tidak se-pekat tinta dupon namun mempunyai kekuatan lebih jika di bandingkan tinta dupont. Tinta putih Jeman. Ini entah ada atau tidak atau hanya sekedar nama saja, dan kami belum pernah mengujinya.

3. Warna turun setelah di press
Kasus seperti ini bias terjadi karena tinta putih bercampur dgn tinta warna. Solusintya bisa keringkan tinta putih dgn hair dryer sebelum dan sesudah print color, kemudian lakukan press dng suhu 165 derajat Celcius selama 15second selama 2x.

treatmen kaosuntuk treatment harus rata supaya menghasilkan hasil yang pekat. jangan lupa press sampai kering dan siap di print.

hair dyaer kaos print putihsetelah print putih, hair drayer kaos supaya ketika print colour tidak terjadi penurunan warnanya.

hairdrayer kaos yang di printsetelah print colour keringkan juga.

press kaos setelah di printsupaya tidak pudar, rontok, luntur press kaos dengan mesin press kaos.

4. Kaos yang terlalu berbulu (kaos putih)
Solusinya dgn pretreatment khusus kaos putih atau treatment ligt.

press kaos putih
5. Hasil print tidak sama dengan monitor:
Hal ini karena merk monitor beragam dan masing-masing punya karakteristik
Jadi satu gambar warnanya bisa berbeda bila dilihat di monitor yang berbeda. Hindari setting tinta colur secara manual, karena mengakibatkan tinta cepat buntu dikarena pebedaan kinerja membran head. Perbedaan dengan monitor di anggap wajar, kalau boleh saya sarankan anda tidak perlu ambil pusing dengan perbedaan selama hasil prin dan cek nosel sempurna.

Perhatikan:
1. Jangan sampai kain yang sudah dipretreatment dan masih basah kena head printer
Solusinya, SEGERA bersihkan head dengan cairan cleaner dan lakukan head cleaning dari software.
Apabila head tetap buntu, coba rendam head selama 2 jam, setelah 2 jam lakukan head cleaning 2x berturut-turut. Apabila masih mampet juga, lakukan perendaman selama sehari penuh. Jika tetap mampet, flush head dengan cairan cleaner menggunakan suntikan yang telah dimodifikasi. Untuk langkah terakhir harus dilakukan hati-hati. Lakukan perlahan dan jangan sampai cairan cleaner luber kemana-mana yang dapat berakibat head korsleting.

cara flashing head print

 

Cara Perawatan pretreatment, tinta putih dan printer dtg

1. Tinta Putih harus dikocok sebelum dipakai apabila sudah didiamkan lebih dari 12 jam , baik yang di tabung maupun di cartridge.

2. Pretreatment harus dikocok 24 jam sekali karena sifatnya yang gampang mengendap dan jangan meninggalkan pretreatment di botol spray atau spray gun kompresor.

3. Bersihkan karet wiper blade dan karet capping station setiap selesai bekerja atau setiap 2 hari sekali supaya hasil cetak selalu bagus.

4. Bilas saluran pembuangan dengan cairan head cleaner setiap 2 hari sekali untuk menghindari penyumbatan di saluran pembuangan yang bisa menyebabkan tinta di printhead tercampur. terutama bagi yang menggunakan printer dtg 1390

 

Tips Pemakaian Printer DTG

Filed under

PRINTER DTG

| Tags:

Comments are closed.